Periksa pd 500 km pertama dan setiap 2500 km
bila terlalu renggang, katup akan berbunyi dan bila terlalu rapat katup akan rusak dan tenaga mesin akan berkurang.
Periksa dan setel kerenggangan katup sesuai langkah berikut :
1. Buka dan lepaskan tempat duduk dan tangki bensin.
2. lepaskan kabel tachometer
3. lepaskan cap bagian kiri dan kanan penutup head silinder.
4. Lepaskan busi, cap lubang pemeriksa katup dan penutup lubang timing.
5. Lepaskan cap magneto cover dan putarlah rotor magneto dengan menggunakan kunci sok 14 untuk menyetel piston agar berada di posisi TMA (titik Mati Atas) pada langkah kompresi. (putarlah rotor sampai garis "1" beradah di tengah lubang intip (pemeriksaan timing red).
6. Masukan thicknes gauge (feeler) diantara ujung katup dengan mur penyetel pada rocker arm.
7. spek kerenggangan katup in 0,04 - 0,07 dan ex 0,13 - 0,188. bila kerenggangan katup tdk sesuai stel dengan menggunakan kunci ring n obeng 9. Pasang kembali busi cap pemeriksa katup, cap penutup silinder head, kabel tacho meter, penutup lubang pemeriksaan timing dan cap magneto cover.
catatan : kerenggangan katup diperiksa pada saat mesin dingin. katup IN dan EX harus di periksa dan di stel pada piston berada di TMA pada langkah kompresi.
10. OLI SUSPENSI DEPAN
Ganti setiap 8000 Km
1. Lepaskan suspensi depan.
2. Keluarkan oli suspensi
3. masukan oli sesuai std dari bagian atas inner tube.
kapasitas oli per kaki 150 mlspesifikasi : oli suspensi #10
11. Mencari dan mengatasi masalah (berseri bro)\MESIN
Mesin tidak mau hidup atau susah di hidupkanCek kompresi, bila terlalu rendah bisa disebabkan oleh:
1. Jarak main katup menyimpang--------stel ulang
2. Katup atau dudukan katup aus--------perbaiki atau ganti
3. Penyetelan katup menyimpang---------stel
4. Ring piston aus--------------------------ganti
5. silinder aus-------------------------------perbaiki atau ganti
6. busi kendor------------------------------kencangkan
7. putaran stater motor lambat-----------periksa komponennya
Busi tidak menyala
1. busi rusak--------------------------------ganti
2. busi basah-------------------------------bersihkan/keringkan/ganti
3. Pick up coil rusak------------------------ganti
4. CDI rusak---------------------------------ganti
5. coil pengapian rusak----------------------ganti
6. kabel tegangan tinggi konslet-----------ganti
Bensin tidak mengalir ke karburator
1. lubang ventilasi pada tutup tangki tersumbat------bersihkan
2. keran bensin rusak / tersendat---------------------bersihkan / ganti
3. jarum pelampung rusak------------------------------ganti
4. selang bensin rusak----------------------------------bersihkan / ganti
5. saringan bensin tersumbat----------------------------bersihkan / ganti